Pelatihan APAR Karyawan Dan Karyawati RSI. Ibnu Sina Padang Agustus 2018

    Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dikenal juga dengan istilah portable fire extinguisher. Alat pemadam api ini disebut portable karena bentuknya yang kecil dan praktis sehingga mudah dipindahkan dan dibawa ke mana-mana. APAR dapat berisi karbondioksida, foam AFF (Aqueous Film Forming), dan dry chemical powder.


Jenis-Jenis dan Ukuran APAR

   APAR biasanya berbentuk tabung pemadam api yang berukuran tidak lebih dari 9kg. Ada alasan mengapa APAR dibuat dengan ukuran demikian, yakni agar memudahkan orang melakukan aksi tanggap darurat dengan cepat dan mudah saat terjadi kebakaran. Alat pemadam api ringan sangat sesuai untuk dimiliki oleh setiap rumah demi meminimalisasi risiko saat terjadi kebakaran.

   “Pelatihan APAR Karyawan Ibnu Sina Padang” merupakan pelatihan rutin yang dilakukan karyawan Ibnu Sina Padang pada tiap tahunnya. Hal ini bertujuan supaya para karyawan dapat mengantisipasi apabila terjadi kebakaran ringan agar tidak meluas. Dalam pelatihan ini, karyawan diajarkan secara teori dan juga praktek. Secara teori, karyawan di ajarkan mulai dari jenis-jenis kebakaran, penyebab kebakaran, hingga tujuan mempelajari penggunaan APAR. Dan secara praktek, karyawan diajarkan cara memadamkan kebakaran tingkat ringan menggunakan handuk basah atau sejenis dan menggunakan APAR.

Laporan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan APAR bulan Agustus 2018 :

4 Agustus 10 Agustus 11 Agustus 18 Agustus 24 Agustus 25 Agustus 31 Agustus
30 Orang 35 Orang 51 Orang 54 Orang 49 Orang 52 Orang 64 Orang

Total jumlah peserta yang mengikuti pelatihan APAR bulan Agustus 2018 = 335 Orang

Dokumentasi saat karyawan melakukan pelatihan APAR:


Dokumentasi 1 : Pelaksanaan Pre Test Tentang Kebakaran, Untuk Mengetahui Wawasan Karyawan Mengenai Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat terjadi Kebakaran


Dokumentasi 2 : Penjelasan Secara Teori Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kebakaran


Dokumentasi 3 : Penyampaian Cara Pemadaman Api Secara Praktek


Dokumentasi 4 : Praktek Mematikan Api Menggunakan Karung Atau Handuk Basah


Dokumentasi 5 : Praktek Mematikan Api Menggunakan APAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *